Pages

Thursday, June 6, 2019

Deklarasi Lansia Jepang Berjanji Mengendarai Mobil Pelan-pelan Diberikan Kepada Polisi Kurobe

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo di Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Deklarasi para lansia, janji untuk mengendarai pelan-pelan agar tak terjadi kecelakaan diberikan kepada polisi Kurobe perfektur Toyama hari ini (6/6/2019).

"Kami berjanji untuk menyetir mobil dengan aman, pelan-pelan agar tidak terjadi kecelakaan. kalau hujan tidak akan menyetir, demikian pula saat malam hari akan sangat hati-hati," papar beberapa lansia usia 80 tahunan saat membacakan Deklarasi Yawayawa di Kepolisian Kurobe perfektur Toyama pagi ini (6/6/2019).

Sebanyak 137 pengendara lansia berpartisipasi dalam deklarasi tersebut dan diperkirakan akan mencapai 3000 lansia ikut mendukung deklarasi tersebut.

"Perfektur Toyama melihat ada banyak orang yang tidak nyaman untuk hidup tanpa mobil, jadi saya ingin tetap mengingatkan mereka mengemudi sesuai dengan kemampuan dan kondisi fisik mereka sendiri dan menghubungkannya dengan mengemudi yang aman," papar kepala polisi Kurobe Toshihiro Hatta.

Jumlah kecelakaan yang diakibatkan oleh lansia (75 tahun ke atas) menyetir kendaraan bermotor di Jepang, tertinggi dalam sejarah Jepang, kini mencapai 14,8% dari semua kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jepang.

"Tinggi sekali angka kecelakaan lalu lintas dilakukan lansia khususnya usia 75 tahun ke atas saat ini," ungkap sumber Tribunnews.com kemarin (5/6/2019).

Data dari kepolisian Jepang menunjukkan tahun lalu (2018) selama setahun, sebanyak 292.089 orang lansia Jepang telah menyerahkan SIM nya kembali kepada kepolisian. Lansia berhenti menyetir.

"Polisi telah menghimbau kepada kalangan lansia sejak 21 tahun lalu. Tapi dulu masih jarang yang mau menyerahkan karena mungkin gengsi untuk menyerahkan SIM nya kepada pihak kepolisian sehingga para lansia tak bisa menyetir lagi. Kini semakin banyak kecelakaan, para lansia pun semakin sadar akhirnya mengembalikan SIM nya kepada polisi."

Menurut Tachibana Norimitsu dari Pusat Diagnostik Mengendara Lansia Jepang, "Pengendara lansia masih banyak yang merasa gengsi tak mau memberikan SIM nya kepada polisi lalu pensiun menyetir. Tak sadar kalau respons mengendara mereka sudah melemah dibandingkan masa lalunya."

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/internasional/2019/06/06/deklarasi-lansia-jepang-berjanji-mengendarai-mobil-pelan-pelan-diberikan-kepada-polisi-kurobe

No comments:

Post a Comment