Pages

Tuesday, September 4, 2018

Drama 3 Babak Kemenpora Tagih Roy Suryo Kembalikan Barang Negara

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kembali menagih mantan Menpora Roy Suryo soal barang-barang inventaris negara yang belum dikembalikan. Rupanya ini adalah ketiga kalinya Kemenpora menagih Roy.

"Sudah ada yang dikembalikan tahun 2016 sebanyak (senilai) Rp 500 juta, sekarang barangnya ada di gudang kami. Tapi sisanya belum, makanya masih muncul di temuan BPK," kata Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto saat dihubungi, Selasa (4/9/2018).

Surat seperti itu pertama kali dilayangkan Kemenpora pada akhir 2014. Saat itu Roy pun menepis bahwa dirinya membawa barang inventaris negara.

Baca Juga:Kemenpora Kembali Surati Roy Suryo agar Kembalikan 3.226 Barang

"Nggak ada itu, itu isu. Buat apa itu saya bawa," kata Roy, yang tertawa terbahak mendengar isu miring itu saat dimintai konfirmasi, Kamis (30/10/2014).

Isu yang berembus saat itu adalah Roy membawa sejumlah barang, di antaranya kamera, ranjang, CCTV, hingga TV plasma. Roy saat itu menyebut isu yang menyambar dirinya dibuat untuk menutupi isu lainnya. Roy lantas menyoroti anggaran dan pengadaan di lingkungan Kemenpora.

Oktober 2014 atau saat isu itu berembus berarti hanya beberapa hari setelah Kabinet Indonesia Bersatu jilid II pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono purnatugas. Roy, yang berada di kabinet, pun diganti dengan Imam Nahrawi, yang hingga kini masih menjabat dalam Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dua tahun berlalu setelah isu tersebut, rupanya Kemenpora kembali menyurati Roy. Gatot S Dewa Broto, yang waktu itu masih menjabat Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, bercerita babak panjang penagihan inventaris negara kepada Roy Suryo.

"Setelah serah-terima jabatan pada 29 Oktober 2014, Kemenpora sudah mengirimkan surat, Pak Roy diminta mengosongkan rumah tinggal di Widya Chandra karena mau ditempati," kata Gatot saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (17/6/2016).

Gatot sempat menduga barang-barang pribadi milik Roy tercampur dengan inventaris yang ada di rumah dinas ataupun kantor. Akhirnya, pada Desember 2014, Inspektorat Kemenpora mengirimkan surat kepada Roy Suryo.

Baca Juga: Setelah Asian Games 2018, Indonesia Tuan Rumah Olimpiade 2032?

Sejumlah barang telah dikembalikan oleh Roy pada akhir 2014. Barang-barang tersebut di antaranya televisi, kamera, dan lensa kamera.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/internasional/2018/09/04/drama-3-babak-kemenpora-tagih-roy-suryo-kembalikan-barang-negara

No comments:

Post a Comment