Pages

Wednesday, December 5, 2018

Tanggapi Pernyataan Cak Imin, Peneliti ICW: Pilkada Tak Langsung Juga Rawan Politik Uang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peneliti Indonesia Corruption Watch ( ICW) Divisi Korupsi Politik Almas Syafrina mengkritik pernyataan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar soal pemilihan tidak langsung.

Saat menghadiri acara Hari Anti Korupsi Dunia 2018, Muhaimin, yang biasa disapa Cak Imin, berpendapat, sistem pemilihan langsung memiliki andil dalam praktik politik uang di dalam partai politik.

Almas menyayangkan pernyataan tersebut keluar dari sosok Cak Imin yang pernah menentang pilkada tidak langsung.

"Perlu dicatat, Cak Imin itu tahun 2014 ketika pro kontra pilkada langsung dan tidak langsung, Cak Imin adalah orang yang mengatakan bahwa pilkada oleh DPRD adalah kemunduran. Itu di pemberitaan banyak sekali," ujar Almas kepada Kompas.com, Rabu (5/12/2018).

Almas mengatakan, ketika itu PKB dalam posisi mendukung pilkada langsung. Terkait pandangan Cak Imin saat ini, Almas tidak setuju jika pemilu langsung dinilai membuka celah politik uang yang besar.

Baca: Empat Warga Binaan Lapas Kelas IIB Sekayu Kepergok Pesta Sabu di Dalam Sel

Menurut dia, pemilu tidak langsung khususnya pemilihan kepala daerah sama rentannya terhadap praktik politik uang.

"Politik uang tentu masih ada, hanya saja berbeda penerimanya. Sekarang antara peserta pemilu dengan pemilih, nanti bergeser antara peserta pemilu dengan pemilih di DPRD," ujar Almas.

Selain itu, lanjut Almas, peluang kecurangan juga sama. Saat ini, calon kepala daerah tidak mendapat jaminan mendapat suara dari masyarakat yang sudah diberikan uang.

Pengawasannya sulit karena melibatkan banyak orang. Namun, ketika pemilihan kepala daerah dikembalikan ke DPRD, maka orang yang akan disuap lebih sedikit dan mudah dikontrol. "Kalau anggota DPRD yang sudah disuap tidak memilih, menagihnya gampang," ujar Almas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kritik Cak Imin, ICW Bilang Pilkada Tak Langsung Juga Buka Celah Politik Uang

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/12/06/tanggapi-pernyataan-cak-imin-peneliti-icw-pilkada-tak-langsung-juga-rawan-politik-uang

No comments:

Post a Comment