Pages

Friday, October 5, 2018

Korban Gempa: Kami Ingin Cepat Keluar dari Palu

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN - Sebanyak 643 pengungsi asal Palu dan Donggala, Sulteng tiba di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Jumat (5/10/2018) sekitar pukul 17.00 Wita.

Para pengungsi langsung ditempatkan di penampungan sementara lantai 2 untuk selanjutnya itu didata.

Baca: Sembuhkan Trauma, Anak-anak Korban Gempa dan Tsunami di Palu Asyik Bermain di Pengungsian

Kebanyakan dari pengungsi merupakan warga Surabaya yang bekerja di Palu. Mereka mengaku hanya ingin cepat-cepat keluar dari Palu walau belum mengetahui setelah itu kemana.

Meski akhirnya mereka mendapatkan kapal yang kebetulan sedang berlabuh di Balikpapan dan akan menuju Surabaya.

"Kita ini maunya keluar dulu (saat naik kapal di Pantoloan) untuk menyelamatkan diri dulu. Keadaan di sana (Palu) sangat mencekam, listrik mati, ekonomi mati, semua mati, yang penting keluar dulu dari Palu," jelas warga pengungsi tujuan Surabaya.

Pemkot Balikpapan bekerjasama dengan TNI AL, Polres dan Pelindo IV berhasil memecahkan masalah pengungsi yang ingin berangkat ke Surabaya.

Para pengungsi yang berjumlah 141 orang dinaikkan ke KM Santika Nusantara yang sedang berlabuh di Balikpapan. Kapal tersebut melanjutkan perjalanan ke Surabaya.

General Manager Pelindo IV Baharuddin M menjelaskan dirinya, Danlanal, dan Pemkot Balikpapan sudah mendapat izin dari pihak KM Santika Nusantara.

"Kebanyakan dari pengungsi ini berpikir yang penting keluar dulu dari Palu, soal kemana-kemana yang penting keluar dulu, tapi ternyata di sini ada kapal (ke Surabaya)," ujar Baharuddin.

Beberapa pengungsi yang lain tiba dengan ditunggu oleh sanak saudaranya. Mereka langsung bergegas pergi setelah mendapat konsumsi hasil sumbangan relawan dan masyarakat Balikpapan.

Beberapa pengungsi juga ada yang dibawa ke Asrama Haji Embarkasi Batakan sesuai instruksi Pemkot Balikpapan.

"Kebanyakan memang ke Surabaya, sisanya yang ini akan diberangkatkan ke Asrama Haji menggunakan transportasi dari TNI AL, Polres, dan Pemkot, tapi ada juga tadi yang dijemput keluarganya, ke Samarinda, ke mana gitu", pungkasnya.

Baca: Bantuan dan Pesawat Asing Terus Berdatangan, Bandara Sepinggan Buka 24 Jam

KM Bukit Siguntang merupakan kapal pertama yang berlabuh di Balikpapan membawa pengungsi dari Pantoloan (Palu).

Sekitar pukul 17.00 WITA kapal motor tersebut berlabuh di pelabuhan Semayang Balikpapan. (m06)

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/regional/2018/10/06/korban-gempa-kami-ingin-cepat-keluar-dari-palu

No comments:

Post a Comment