Pages

Thursday, January 3, 2019

Warga Sebut Tumpukan Sampah di Kali Kawasan Kabupaten Bekasi Sepanjang 12 Kilometer

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Kali Pisang Batu di Desa Pahlawan Setia, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi dipenuhi tumpukan sampah.

Pantauan Warta Kota di Kali Pisang Batu menunjukkan tumpukan sampah itu menutupi seluruh aliran kali sehingga terlihat seperti daratan.

Baca: Pergub Sampah Plastik Tinggal Tunggu Tandatangan Gubernur DKI

Sampah-sampah didominasi sampah rumah tangga. Sementara ada bagian kali yang tidak tertutup sampah terlihat hitam dan mengeluarkan bau menyengat.

Muhtasor (50), warga setempat, mengatakan, tumpukan sampah itu sepanjang 12 kilometer di Kali Pisang Batu. Sampah itu berasal dari warga luar yang belum memiliki tempat pembuangan sampah.

"Sampah ada 12 kilometer, dari ujung sana. Kalau didekat rumah saya, ini hilirnya yang mengarah ke Marunda arah laut," kata Muhtasor saat ditemui Warta Kota, Kamis (3/1/2019).

Tumpukan sampah di Kali Pisang Batu di Desa Pahlawan Setia, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. (Warta Kota/Muhamad Azzam)
Muhtasor mengatakan, rumah yang hanya berjarak 10 meter dari kali tercium bau sampah yang menyengat. Ditambah bau aroma air kali yang tercemar limbah pabrik.

"Ini kan ke pernapasan nyesek cium gini. Apalagi kalau tangan kena airnya itu bisa gatal-gatal. Ini harus segera dibersihkan dan cari solusinya agar tidak kembali ada sampah," jelasnya.

Romlah, warga lainnya, juga mengeluhkan kondisi tumpukan sampah di Kali Pisang Batu.

Baca: Petugas Kebersihan di Monas Keluhkan Kebiasaan Masyarakat yang Suka Buang Sampah Sembarangan

Ia berharap agar pemerintah setempat bisa melakukan pembersihan Kali.

"Bau bangat menyengat, ini kotor jorok dan bisa menimbulkan penyakit. Tolong dibersihkan dan tolong tindak warga yang buang sampah ke kali, ini sampahnya dari warga sebelah sana. Bukan warga sini," katanya.

Penulis: Muhammad Azzam

Berita ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul: Di Kabupaten Bekasi, Kali Berubah Jadi Tumpukan Sampah Sepanjang 12 Kilometer

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/metropolitan/2019/01/03/warga-sebut-tumpukan-sampah-di-kali-kawasan-kabupaten-bekasi-sepanjang-12-kilometer

No comments:

Post a Comment