Pages

Tuesday, December 4, 2018

Tips Meningkatkan Produksi ASI

TRIBUNNEWS.COM - Setelah melahirkan, payudara ibu telah siap mengeluarkan Air Susu Ibu (ASI) untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyarankan agar pemberian ASI dilakukan secara ekslusif sampai bayi berusia 6 bulan. Setelah itu, bayi mendapatkan ASI dan Makanan Pendamping ASI (MPASI) sampai usia 2 tahun atau lebih.

Sudah berabad-abad lamanya penelitian menyatakan bahwa ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi.

Sebab ASI mengandung setidaknya 400 nutrisi ideal yang khusus diperlukan untuk membantu tumbuh kembang bayi secara optimal.

ASI yang pertama kali keluar setelah melahirkan disebut kolostrum. Kolostrum sangat penting untuk mencegah bayi terkena infeksi pasca dilahirkan.

Kolostrum jumlahnya sangat sedikit dan akan meningkat terus dalam beberapa hari bila kaidah kaidah menyusui dikuti dengan baik.

Hari ke-1 sebanyak 5 mL, hari ke-2 sebanyak 5-15 mL, hari ke-3 sebanyak 15-30 mL, hari ke-4 sebanyak 30-45 mL dan hari ke-5 sebanyak 45-60 mL.

Selanjutnya ASI transisi pada hari ke 5-14, jumlah ASI akan semakin bertambah dan matang pada hari ke-15.

Sayangnya, banyak tidaknya jumlah ASI pada ibu berbeda-beda. Ada beberapa ibu yang mendapatkan ASI dalam jumlah besar setelah beberapa hari melahirkan.

Ada pula beberapa ibu yang merasa ASI-nya sangat sedikit sehingga tidak cukup memenuhi kebutuhan bayi.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/lifestyle/2018/12/04/tips-meningkatkan-produksi-asi

No comments:

Post a Comment