Pages

Wednesday, December 5, 2018

Menko Maritim Luhut Panjaitan Tinjau Penataan Sungai Mati Di Hulu Citarum

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Pandjaitan meninjau Sungai Mati (Oxbow) Bojongsoang, Sapan dan Cicukang, Kabupaten Bandung, Rabu (5/12/2018).

Luhut didampingi oleh Gubernur Jawa Barat Ridman Kamil, Bupati Kabupaten Bandung Dadang M. Naser, serta Direktur Operasi dan Pengembangan Perum Jasa Tirta (PJT) II Antonius Aris Sudjatmiko.

Baca: Bahaya Senyawa Kimia Organik di Sungai Citarum

"Peninjauan dilakukan untuk mengetahui progres penataan sungai mati di hulu Sungai Citarum," demikian dikutip dari keterangan tertulis PJT II, Rabu (5/12/2018).

Dijelaskan, penataan sungai-sungai mati sudah menjadi salah satu program konservasi Perum Jasa Tirta II untuk mendukung program Citarum Harum.

Selama ini kondisi Oxbow kurang tertata karena menjadi tempat pembuangan limbah dengan volume sedimentasi yang besar serta pemanfaatan lahan oleh masyarakat sehingga perlu dilakukan penataan.

Kegiatan penataan Oxbow meliputi pembukaan akses air dari sungai menuju Oxbow (Sungai Mati).

Selain membebaskan Oxbow dari limbah sebagai sumber penyakit, salah satu tujuan penataan Oxbow menjadi long storage dan mengurangi dari paparan banjir saat musim hujan tiba.

Sejak Tahun 2017, Perum Jasa Tirta II bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum melakukan penataan Sungai Mati (Oxbow) dan pengerukan lumpur di wilayah Sungai Citarum Bagian Hulu. S

elama satu tahun, PJT II telah melakukan penataan pada delapan Oxbow yaitu Oxbow Bojongsoang, Manggahang, Rancamanyar, Jelekong, Tegal Luar, Sulaiman, Sapan dan Babakan Patrol.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/regional/2018/12/05/menko-maritim-luhut-panjaitan-tinjau-penataan-sungai-mati-di-hulu-citarum

No comments:

Post a Comment