Pages

Tuesday, December 4, 2018

Komnas HAM Libatkan Elemen Sipil dalam Pencarian Fakta Lapangan soal Pembunuhan di Papua

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peristiwa pembunuhan yang dilakukan terhadap 31 pekerja PT. Istaka Karya oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) membuat Komnas HAM terjun langsung untuk mencari fakta-fakta di lapangan.

Hal itu dikatakan Koordinator Subkomisi Pemajuan Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat.

Melalui perwakilan di Papua, dikatakan Beka, Komnas HAM melakukan pendekatan yang lebih strategis.

"Berdasarkan keputusan sidang paripurna, akan mengadakan studi komprehensif untuk bagaimana mencari solusi bagi Papua," ujarnya, Rabu (5/12/2018).

Beka menjelaskan bagaimana aspek-aspek pendekatan yang mengedepankan dari pendekatan keamanan hingga Hak Asasi Manusia.

"Baik sipil, hak sipil politik, ekonomi politik, sosial budaya," lanjutnya.

Pendekatan tersebut, dikatakan Beka, tentu juga melibatkan masyarakat Papua, mulai dari masyarakat sipil hingga pejabat.

"Selama ini kan hanya dari aparat penegak hukum. Kami ingin mencari data dari elemen yang lain," ujarnya.

Sehingga diharapkan, tercipta solusi bersama dan tidak terpusat. "Solusi itu tidak datang dari Jakarta saja, tapi juga masyarakat Papua, sehingga bisa seimbang," pungkasnya.

Polda Papua membenarkan adanya informasi 31 pekerja pembangunan jalan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, dibunuh kelompok KKB.

Sebanyak 31 orang yang bekerja perusahaan milik BUMN PT Istaka Karya, yang saat ini bekerja untuk membuka isolasi di wilayah pegunungan tengah Papua itu, sampai saat ini jenazahnya belum bisa diambil.

Sebab, lokasinya jauh dari ibukota Nduga dan Kabupaten Jayawijaya yang terdekat dari wilayah pembangunan jembatan.

Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring mengungkapkan, bersama Kapolda Papua akan langsung ke lokasi terkait informasi 31 pekerja yang dikabarkan tewas dibunuh kelompok KKB

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/12/05/komnas-ham-libatkan-elemen-sipil-dalam-pencarian-fakta-lapangan-soal-pembunuhan-di-papua

No comments:

Post a Comment