Pages

Tuesday, December 4, 2018

Fadli Zon: Pembantaian 31 Pekerja Bentuk Kegagalan Pemerintah Menjamin Keamanan di Papua

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai pembantaian yang menewaskan 31 pekerja PT Istaka Karya di Nduga Papua, merupakan bentuk kegagalan pemerintah dalam menjamin keamanan dan keteriban di Papua.

Hal itu diungkapkannya kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, (5/12/2018).

"Menurut saya pemerintah sudah gagal di dalam menjamin keamanan dan ketertiban di Papua, apalagi 31 orang meninggal," ucap Fadli.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang melakukan pembantaian tersebut menurut Fadli adalah ulah kelompok separatis.

"Sikap saya sudah jelas bahwa ini adalah gerombolan separatis yang harus ditumpas," tegasnya.

Lebih lanjut, Fadli menilai, insiden tersebut bisa terjadi di Papua karena lemahnya pengawasan pemerintah dalam menjaga keamanan dan perlindungan terhadap Papua.

"Itu gerombolan separatis. Pemerintah ini kesannya membiarkan. Tidak melindungi warga negara dari satu ancaman fisik teror sehingga menimbulkan korban jiwa, itu sudah gagal," tandasnya.

Sebelumnya Pembunuhan sangat sadis diduga dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Nduga, Papua, terhadap 31 pekerja pembangunan jalan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Minggu (2/12/2018).

Sebanyak 31 orang yang bekerja perusahaan milik BUMN PT Istaka Karya, yang saat ini bekerja untuk membuka isolasi di wilayah pegunungan tengah itu, sampai saat ini jenazahnya belum bisa diambil.

Sebab, lokasinya jauh dari ibukota Nduga dan Kabupaten Jayawijaya yang terdekat dari wilayah pembangunan jembatan.

Informasi yang diterima dari berbagai sumber, para pekerja pembangunan jembatan itu diduga dibunuh lantaran mengambil foto pada saat perayaan HUT Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN/ OPM) oleh KKB tak jauh dari lokasi kejadian.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/12/05/fadli-zon-pembantaian-31-pekerja-bentuk-kegagalan-pemerintah-menjamin-keamanan-di-papua

No comments:

Post a Comment