Pages

Monday, December 3, 2018

Anggota Komisi I DPR: Pembangunan Infrastruktur di Papua Seharusnya Libatkan TNI

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhtyo Rizaldi menyarankan pembangunan infrastruktur di Papua melibatkan personel TNI.

Pernyataan Bobby tersebut terkait dengan pembantaian 31 pekerja pembangunan jalan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Minggu (2/12/2018).

"Untuk selanjutnya, pembangunan jalan di Papua, hendaknya melibatkan TNI," ujar Bobby saat dihubungi, Selasa (4/12/2018).

Selain itu menurutnya dengan pelibatan TNI dalam pembangunan infrastruktur maka akan lebih efektif dan efisien, sebab komponen biaya pembangunan jalan yang terbesar di Papua adalah biaya keamanan.

"Dan sudah dibuktikan dalam pembagunan jalan sebelumnya, support dari TNI sangat efektif dalam memenuhi tenggat waktu penyelesaian," katanya.

Selain itu Bobby menilai TNI juga harus dilibatkan dalam menangani pembantaian 31 pekerja di Papua. Pasalnya medan lokasi pembantaian tersebut berada di hutan belantara.

"Saya rasa TNI perlu ikut terlibat dalam upaya penanggulangan terorisme bersama Polri di Papua, dikarenakan densitas hutan yang perlu penanggulangan khusus dimana TNI infanteri yang saat ini memiliki teknik Jungle Warfare," pungkasnya.

Sebelumnya Pembunuhan sangat sadis diduga dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Nduga, Papua, terhadap 31 pekerja pembangunan jalan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Minggu (2/12/2018).

Sebanyak 31 orang yang bekerja perusahaan milik BUMN PT Istaka Karya, yang saat ini bekerja untuk membuka isolasi di wilayah pegunungan tengah itu, sampai saat ini jenazahnya belum bisa diambil.

Sebab, lokasinya jauh dari ibukota Nduga dan Kabupaten Jayawijaya yang terdekat dari wilayah pembangunan jembatan.

Informasi yang diterima dari berbagai sumber, para pekerja pembangunan jembatan itu diduga dibunuh lantaran mengambil foto pada saat perayaan HUT Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN/ OPM) oleh KKB tak jauh dari lokasi kejadian.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/12/04/anggota-komisi-i-dpr-pembangunan-infrastruktur-di-papua-seharusnya-libatkan-tni

No comments:

Post a Comment