Pages

Tuesday, September 4, 2018

Prabowo Sebut Utang Indonesia Rp 1 Triliun per Hari, JK: Yang Penting Bisa Bayar

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla memaklumi utang negara yang digunakan untuk pembangunan.

Hanya saja, kata dia, utang itu harus mampu dilunasi.

Baca: Prabowo: Utang Pemerintah Kita Terus Naik, Sekarang Rp 1 Triliun Tiap Hari

Pernyataan itu disampaikan menanggapi kritikan bakal calon presiden Prabowo Subianto yang menyinggung utang pemerintah setiap hari naik sebesar Rp 1 triliun.

"Jadi bukan soal jumlah. Bisa bayar atau tidak? Jadi bukan soal Rp 1 Triliun, mampu kita bayar tidak?" ujar JK ditemui di kantor Wakil Presiden, Selasa (4/9/2018).

Dia mengibaratkan negara berkembang seperti perusahaan. Apabila tidak mempunyai modal, kata dia, maka pemerintah dapat meminjam.

"Semua negara yang ingin membangun sama dengan perusahaan. Semua negara yang membangun butuh dana. Kalau tidak mempunyai modal maka harus meminjam," kata dia.

Menurut pria berlatar belakang pengusaha itu semua negara yang sedang membangun membutuhkan dana. Untuk mendapatkan dana, dia menilai, banyak cara yang dapat dilakukan.

Dia mencontohkan, Amerika Serikat meminjam uang, tetapi peminjaman uang dilakukan dengan cara mencetak uang. Lalu, Jepang meminjam uang dengan cara mengambil dari dana pensiun.

"Kami karena tidak cetak duit terlalu banyak, karena tidak laku di luar negeri, maka kami minjam World Bank dari perbankan-perbankan. Itu biasa saja. Jumlahnya itu relatif tergantung kemampuan. Sama dengan perusahaan," kata dia.

Baca: Klaim Ada 25 Juta DPT Ganda, Gerindra: Bisa Diadu Datanya

Namun, dia tidak dapat menyebutkan secara rinci berapa nominal utang permintah. Meskipun utang, dia menegaskan, masih dapat dibayar.

"Saya belum hitung seperti itu, tetapi memang jumlahnya per tahun. Kami tidak hitung per hari. Kami hitung tahunan. Ada tambahan Rp 200 T, ada mungkin 300 (T,-red). selama kita bisa bayar, bukan urusan T-nya, bisa bayar tidak? kita bisa bayar," tambahnya.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/09/04/prabowo-sebut-utang-indonesia-rp-1-triliun-per-hari-jk-yang-penting-bisa-bayar

No comments:

Post a Comment